Senin, 21 November 2011

A Charlotte Mason Education - A Home Schooling How-To Manual

A Charlotte Mason EducationA Charlotte Mason Education by Catherine Levison

My rating: 2 of 5 stars


Buku ini adalah buku paling ringan (baca : kering) dari semua buku mengenai pendidikan Charlotte Mason yang pernah aku baca. Bukunya cukup tipis, terdiri dari beberapa bab yang terdiri dari a how-to dari narasi, math, literature, bahasa asing, menulis indah, spelling, grammar, science, prakarya, Alkitab, apresiasi seni dan apresiasi musik. Masing-masing bab terdiri dari dua sampai empat halaman, sudah termasuk daftar buku yang dipakainya dalam mempelajari setiap subjek bab tersebut yang daftarnya akan aku posting kemudian. Di akhir buku, terdapat contoh jadwal mingguan pendidikan menggunakan metode Charlotte Mason untuk setiap gradenya. Dan hanya itu.

Kering, hanya berisi fakta-fakta kering, tanpa diselimuti bahasa literali, seperti ini nampaknya yang dimaksud CM sebagai textbook. Daftar bukunya mungkin bermanfaat (saya sendiri belum mendalami bagaimana kualitas buku yang dipakainya). Tapi saya sangat tidak menyarankan buku ini untuk mereka yang baru mencoba mendalami pendidikan ala Charlotte Mason mengingat CM bukan sekedar kurikulum yang tinggal comot langsung bisa dipakai, bukan juga sekedar memakai living book dalam proses pembelajaran dan banyak melakukan nature walk kemudian semerta-merta berkata bahwa itu cuku untuk menjadi CMer.

CM companion oleh Karen Andreola rasanya jauh lebih menggigit dalam mengupas metode CM ini. Jadi buku Levinson ini menurut saya, kalau diperoleh dengan harga murah, masih bolehlah untuk dimiliki, tetapi free e-book dari Sonya Safer masih dapat menjawab kebutuhan mengenal metode CM.



View all my reviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar