Kamis, 08 November 2012

Membeli Buku Bekas dari Toko Buku Online

Jika anda memutuskan untuk menggunakan metode Charlotte Mason, maka mau tidak mau membuat anda perlu mengenal situs-situs yang menjual buku secara online baik dalam kondisi bekas maupun baru untuk memenuhi kebutuhan Living Book di rumah anda. Saya sendiri mengakui sejak mengenal Living Book, rasanya harus menahan diri dari kalap kalau lihat buku bagus dengan dengan harga murah. Memenuhi kebutuhan LvB di rumah, biasanya saya melakukan perencanaan jangka panjang, yang kemudian pelaksanaan pembelian bukunya saya pecah berdasarkan target waktu dimana buku yang saya rencanakan tadi sudah ada di rumah saya. Mengenai hal ini, akan saya sharing di posting selanjutnya. Kali ini saya ingin berbagi mengenai teknis pembelian buku yang biasanya saya lakukan. Dalam berbelanja LvB dari luar negeri, biasanya saya membaginya dalam dua kondisi.
Berbelanja Buku Baru
Untuk pembelian buku baru, saya selalu membelinya dari bookdepository.com. Saya sudah berkali-kali membeli buku dari situs ini, dengan berbagai kondisi, saya menemukan situs ini selalu memberikan respon yang sangat baik dalam hal menangani keluhan, pertanyaan, cash back jika buku yang diterima tidak sesuai kondisi yang dijanjikan atau pun pengiriman ulang jika buku yang anda pesan tidak juga kunjung datang. Keunggulan utama situs bookdepository ini adalah layanan bebas ongkos kirim ke seluruh dunia seperti Indonesia. Untuk delivery time, biasanya sejak order anda buat sampai akhirnya buku itu tiba di rumah anda, butuh waktu dua sampai tiga minggu. Tidak terlalu lama untuk ukuran layanan kiriman tanpa ongkos tambahan. Jika lebih dari tiga minggu, saya sarankan anda menghubungi kantor pos terdekat dengan alamat pengiriman yang anda gunakan untuk menanyakan keberadaan buku anda. Kelemahan dalam metode pengiriman di bookdepository ini adalah tidak adanya nomer pelacakan. Tetapi pengalaman saya, belum pernah sekali pun buku saya tidak sampai di tangan saya. Pernah satu kali, ketika bulan ramadhan, buku saya tidak juga saya terima padahal sudah lebih dari empat minggu sejak order saya buat. Saya menghubungi bookdepository melalui contact us yang tersedia di wabnya, mereka menyarankan agar saya menghubungi kantor pos terdekat. Kalau memang saya tidak menemukan buku saya di kantor pos terdekat, mereka siap mengirim ulang buku yang saya pesan (waktu itu saya memesan empat buah buku, yang kesemuanya belum saya terima). Setelah menghubungi kantor pos terdekat, ternyata keempat buku saya masih ada di kantor pos. Singkat kata, bookdepository saya hubungin agar tidak perlu mengirimkan ulang, dan semua proses diakhiri dengan baik.
Berbelanja Buku Bekas
Untuk pembelian buku bekas, biasanya saya menggunakan jasa forwarder untuk membeli buku bekas dari situs Amazon atau Thriftbooks. Hampir sebagian besar buku bekas yang saya miliki berasal dari Amazon. Harus diakui, saat ini Amazon adalah toko buku online terlengkap yang ada, baik dari sisi buku baru maupun buku bekas, hanya saja sayang sekali Amazon tidak mau melayani penjualan buku bekas untuk pembelian di luar USA dan Canada. Oleh karena itu, jasa forwarder sangat berperan menjembatani keterbatasan itu. Dalam membeli buku bekas menggunakan jasa forwarder biasanya saya menggunakan tabel yang diharapkan memudahkan forwarder melakukan follow up atas pesanan saya. Tabel rencana pembelian yang biasanya saya pakai bisa di dilihat di sini. Setelah membuat tabel rencana pembelian buku bekas, tabel itu saya kirimkan ke forwarder melalui email dengan alamat email : anakpanahbookstoreyahoo.co.id. Adapun perhitungan biaya pembelian buku bekas menggunakan forwarder tadi adalah sebagai berikut :
Fee forwarder = (Harga buku/barang + ongkos kirim yang dibutuhkan untuk mengirim buku dari toko buku online ke kantor forwarder di USA)x 20%.
Yang menjadi kelemahan dalam pembelian buku menggunakan jasa forwarder ini adalah, antara pemesanan buku yang kita lakukan kepada pihak forwarder sampai akhirnya buku tiba di Jakarta memakan waktu tiga sampai lima bulan, dikarenakan buku-buku itu akan menumpang di peti kemas yang digunakan forwarder dalam kegiatan bisnis utamanya. Setelah buku-buku pesanan anda tiba di Jakarta, pihak forwarder akan menghubungi anda untuk menanyakan pola pengiriman seperti apa yang anda inginkan untuk mengirimkan buku dari kantor forwarder di Jakarta ke rumah anda. Jasa forwarder ini tidak hanya bisa digunakan untuk membeli buku bekas. Saya pernah minta tolong dibelikan balok Math-u-see dan buku baru dari rainbowresource.com. Semua dengan rumus perhitungan fee yang sama dengan rincian saya di atas.
Semoga informasi ini berguna untuk para pemburu Living Book. Happy Hunting ^_^

3 komentar:

  1. Kami juga menjual buku-buku bekas dengan harga "miring", silangkan kunjungi kami di www.aksiku.com - Toko Buku Bekas Online

    BalasHapus
  2. wah keren nih pengalamnya, btw kalau saya sendiri lebih suka buat toko online disini http://jejualan.com , dan juga mungkin buku2 yang gak berguna bisa dijual lagi lewat toko onlnie jejualan.com
    thanks salam

    BalasHapus
  3. kami menjual novel-novel bekas koleksi pribadi dengan kondisi 70%-90% layak baca, silahkan kunjungi web kami di : www.tamaimbookstore.com

    BalasHapus